Thursday, July 10, 2008

Jangan Pilih Cagub yang Terlibat Illegal Logging

Kamis, 10/07/2008 17:22 WIB
Pilkada Riau
Jangan Pilih Cagub yang Terlibat Illegal Logging
Chaidir Anwar Tanjung - detikNews


Pekanbaru - Pilkada Riau akan digelar dalam waktu dekat. Masyarakat Riau diingatkan tidak memilih calon gubernur yang terlibat kasus illegal logging.

Penegasan ini disampaikan Direktur Walhi Riau, Johny S Mundung dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (10/7/2008).

Saat ini ada tiga calon calon gubernur yang telah mendaftar ke KPUD Riau. Ketiga calon gubernur itu adalah, Gubernur Riau incumbent, Rusli Zainal, Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Incumbent, Raja Thamsir Rachman dan mantan Ketua DPRD Riau, Chaidir.

Dari ketiga calon itu, kata Johny, dua di antaranya diduga terseret kasus illegal logging. Pertama mantan gubernur Riau Rusli Zainal. Cagub yang diajukan Partai Golkar itu kini berstatus saksi dalam sidang Tipikor perambahan hutan dengan terdakwa Bupati Pelalawan Tengku Azmun Jafar. Dalam kasus perambahan hutan yang ditangani KPK ini negara mengalami kerugian , Rp1,2 triliun.

Kedua Bupati Inhu Raja Thamsir Rahcman. Jago Partai Demokrat dan PAN ini salah satu dari lima bupati di Riau yang dibidik Polda Riau dalam kasus pemberian Izin Pemanfaatan Kayu (IKP) secara serampangan. Kasus ini pun masih bergulir di pihak Polda Riau.


"Kedua calon gubernur ini jelas-jelas terserat dalam kasus perambahan hutan di Riau. Karena itu kami meminta masyarakat untuk tidak memilih calon yang sudah jelas terserat dalam kasus illegal logging," kata Johny.

Calon ketiga, yakni Chaidir, memang tidak pernah terseret kasus illegal logging. Namun itu bukan berarti dia tanpa cacat. Cagub yang diusung PDIP ini dinilai kurang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

"Ini bisa kami lihat selama menjabat sebagai Ketua DPRD Riau, Chaidir enggan meloloskan Perda tentang hak ulayat atau hak tanah ada. Ini menunjukan Chaidir juga bukan orang yang mau menyelamatkan tanah adat masyarakat Riau," kata Johny.

Menurut Johny, semua calon gubernur yang ada sangat kurang perhatiannya pada bidang lingkungan hidup. Hanya saja, masyarakat Riau saat ini memang dibenturkan dengan tiga calon gubernur yang semuanya dianggap orang yang tidak mau konsisten dalam penyelamatan hutan.

"Sebenarnya ketiga calon yang ada saat ini semuanya bermasalah. Tapi paling tidak, masyarakat hendaknya jangan sampai salah pilih. Janganlah memberikan hak suaranya pada calon yang saat ini benar-benar terlibat langsung dalam kasus illegal logging," kata Johny.

(cha/djo)

sumber berita: http://www.detiknews.com/read/2008/07/10/172249/970148/10/jangan-pilih-cagub-yang-terlibat-illegal-logging

No comments: